- Wanita bertubuh tinggi lebih berisiko kena kanker

Jumat, 13 Juli 2018

Wanita bertubuh tinggi lebih berisiko kena kanker

Wanita bertubuh tinggi lebih berisiko kena kanker,- Beberapa faktor risiko bisa dihindari dan dikontrol, seperti kebiasaan merokok, berat badan, atau gaya hidup. Namun beberapa faktor lainnya tak bisa dihindari oleh wanita, seperti berat badan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang bertubuh tinggi lebih berisiko kena kanker.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati lebih dari 144.000 wanita dan menemukan bahwa wanita yang bertubuh tinggi memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena berbagai jenis kanker setelah mereka mengalami menopause. Beberapa jenis kanker yang berkemungkinan menyerang antara lain kanker kulit melanoma, kanker sel plasma, kanker payudara, usus besar, ginjal, ovarium, kanker anus, dan tiroid.

Peneliti memilih 20.928 wanita yang telah melewati masa menopause dan berusia antara 50 - 79 tahun. Mereka telah terkena satu jenis kanker atau lebih selama 12 tahun masa penelitian. Bahkan setelah peneliti menghitung faktor lain seperti usia, berat badan, kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta terapi hormon, hasilnya masih menunjukkan bahwa wanita tinggi lebih berisiko terkena kanker.

Setiap tambahan 10 cm tinggi bawah, risiko kanker wanita bertambah 13 persen. Secara spesifik, terdapat peningkatan risiko kanker darah, ginjal, anus, serta tiroid hingga 23 - 29 persen untuk setiap penambahan berat badan empat inci. Untuk kanker payudara, ovarium, usus besar, dan melanoma terdapat penambahan risiko hingga 13 - 17 persen.

Penelitian sebelumnya telah mengungkap bahwa wanita bertubuh tinggi lebih berisiko kena kanker ovarium. setiap penambahan dua inci tinggi badan, wanita memiliki risiko 7 persen lebih tinggi. Menurut penulis penelitian Dr Thomas Rohan dari Albert Einstein College of Medicine, terdapat dua faktor yang mempengaruhi hal ini. Pertama adalah faktor genetis, dan kedua berkaitan dengan pengaruh lingkungan.

Meski begitu, Rohan berpendapat bahwa wanita tinggi tak harus khawatir dan panik karena hasil penelitian ini. Menurutnya, risiko kanker masih bisa diturunkan dengan mengurangi faktor risiko lainnya seperti menjaga gaya hidup sehat dan mengurangi kebiasaan buruk.

Meski penelitian ini hanya dilakukan pada wanita yang sudah mengalami menopause, namun peneliti berpendapat bahwa hal ini juga bisa berlaku pada wanita yang belum mengalami menopause atau bahkan pada pria. Selanjutnya peneliti akan melakukan penelitian pada populasi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar